...

Wednesday, February 15, 2012

Belajar Menghargai dengan Sederhana


Jangan heran kalau melihat Riri Riza (41) tiba-tiba memasukkan plastik bungkus permen ke dalam sakunya. Sutradara berambut keriting ini juga kerap mengantongi plastik bekas saat di sekitarnya tidak ada tempat sampah.
Ternyata Riri mempunyai kebiasaan unik itu sebagai bentuk kecintaannya terhadap Bumi. ”Mungkin sederhana, tapi dari hal-hal sederhana tersebut bisa berdampak luas bagi masyarakat,” katanya saat membawakan workshop dalam MuDA Creativity 5th Anniversary, ”INVESTO: Investasikan Energimu untuk Bumi”, di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, pekan lalu.
Dari tindakan yang dimulai dari diri sendiri, Riri juga mengajak masyarakat untuk turut peduli. Sebagai sutradara, dia membuat film The Magic of Kakaban Island yang dibintangi Nicholas Saputra untuk ditayangkan di televisi. ”Saya ingin mengajak penonton untuk lebih menghargai apa yang kita miliki dengan hal-hal sederhana,” ujarnya.
Dia mengingatkan, Indonesia mempunyai alam dan tradisi luar biasa yang patut disyukuri. Melalui film tentang Kakaban, Riri ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya ”investasi” kebudayaan Indonesia. ”Kita mempunyai kegelisahan tentang lingkungan dan saya menuangkannya ke dalam film,” ujar sutradara film Laskar Pelangi itu.


0 comments:

Post a Comment

Semerdeka merdeka mu untuk menulis disini