...

Sunday, May 1, 2011

Kemandirian Masyarakat Modern

Masyarakat adalah sekelompok manusia yang menetap pada wilayah tertentu dan menjalankan sebuah tatanan, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.
Dalam sebuah komunitas tersebut terdapat berbagai macam perbedaan yang muncul karena keberagaman latar belakang baik karena status sosial, pendidikan ataupun faktor ekonomi.
keanekaragaman inilah yang terkadang juga menjadi sumber konflik antar personal, tetapi jika kita juga dapat melihat dari sudut yang positif perbedaan yang menjadikan dinamika ini dapat pula dijadikan sebuah Strenght untuk proses perbaikan masyarakat tersebut.
Tiap-tiap komunitas bisa jadi memiliki problematika yang berbeda dengan komunitas di tempat yang lain,
sehingga pola pemecahannya juga akan berbeda untuk menyelesaikan masalahnya.
Secara prinsip masing-masing tipologi masyarakat pasti punya modal/potensi yang dapat untuk dikembangkan, baik dari sumber daya alamnya ataupun sumber daya manusia.
Modal itulah yang harus kita identifikasi secara mendalam dalam rangka pembangunan masyarakat.
Pembangunan mental masyarakat mengarah kepada kemandirian juga menjadi agenda besar yang perlu untuk terus digalakan, karena dengan mental mandiri...pembangunan akan lebih cepat pelaksanaannya.
ketergantungan akan aspek luar disadari menjadi faktor penghambat proses percepatan pembangunan.
Pemahaman bahwa faktor utama yang dapat mengeluarkan masyarakat dari masalahnya adalah masyarakat itu sendiri adalah implementasi konsep kemandirian.
Masyarakat perlu dirangsang agar tetap menggali potensi yang ada dalam dirinya, dapat mengetahui kekuatan apa yang bisa terus dikembangkan dalam rangka pemenuhan kebutuhannya.
Masyarakat bisa,masyarakat mampu untuk keluar dari problematikanya dengan cara mereka sendiri.
Model pembangunan ini adalah metode pembangunan masyarakat modern, sehingga proses yang sejalan bersama dengan stakeholder dipercaya menjadi akselerator pemandirian bangsa.
Adanya rangsangan yang menggugah kemandirian ini menjadi penting untuk mengurangi ketergantungan diri dalam pengentasan masyarakat dari problematikanya
semua pasti tidak akan menampik jika masing-masing yang diciptakan Allah telah diciptakan seimbang dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
tergantung kita bisa menggali potensi positif tersebut atau tidak
jika Potensi tersebut telah mampu kita temukan dari masing-masing peta lokasi, kita tidak akan kesulitan menentukan langkah lanjutan untuk mereka (masyarakat).
tergantung memilih dan memilah potensi mana yang significant untuk kita dapat berdayakan lebih dahulu


Kita bisa..kita mampu untuk dapat keluar dari setiap problematika ini
masalah diciptakan bersama dengan pemecahannya, dan sesuai dengan tingkat kemampuannya
kemandirian mempercepat kedewasaan masyarakat dalam membangun dirinya
Bersama adalah modal sosial dalam meringankan beban ini
Setiap potensi yang dimiliki jika dapat dikelola dengan manajerial yang bagus, membawa dampak positif akan kemaslahatan bersama.
Semoga kepedulian akan sesama tetap tertanam pada diri kita masing-masing untuk dapat membantu saudara kita yang belum mampu keluar dari belenggu jiwanya. Satu kata kunci bahwa Manusia diciptakan untuk senantiasa berbagi kebermanfaatan pada sesamanya adalah sebuah pondasi kuat dalam menapak  perana manusia dalam sosial.

0 comments:

Post a Comment

Semerdeka merdeka mu untuk menulis disini