...

Monday, November 12, 2012

Tetap Lapar, Telanjang dan Gelandangan

Umumnya manusia mengenal kebutuhan primer pada 3 hal dalam hidupnya. Hal yang mendasar yang penting untuk didapatkan dalam hidup manusia. 3 primer yang kita kenal selama ini adalah sandang, pangan dan papan. Pangan adalah makanan atau minuman yang kita butuhkan untuk menunjang aktifitas tubuh manusia secara fisik (jasmani), Sandang adalah penutup tubuh fisik manusia sehingga dapat menutup kemaluannya untuk melindungi martabat sebagai seorang manusia. Papan adalah tempat tinggal yang digunakan untuk melindungi manusia dari hujan, panas dan segala hal yang alam berikan mungkin tidak memberi manfaat pada kehidupannya saat tertentu.

Jika menggantungkan rasa pada dasar yang tak terjaga,
maka dia akan membawa kehancuran pada bagaimana anda berfikir,
senantiasa merasa kikir pada rasa syukur,
dan terus diperbudak oleh penyakit buta hati.



3 penyakit buta hati menjadi berbahaya jika turun pada virus serakah, gila kuasa dan gila hormat. Jelas saja tiga hal itu akan sangat membuat pengaruh besar tentang bagaimana anda berfikir. Serakah membuatmu tidak pernah merasa puas dengan apa yang kau dapatkan, kau akan terus menumpuk dan menumpuk hartamu tanpa jelas batasnya. Gila hormat akan membuatmu lupa bagaimana berempati dan menaruh rasa hormat pada orang lain, kau akan sibuk bagaimana memenuhi kebutuhanmu sendiri dengan mencari-cari rasa hormat dari orang lain pada dirimu. Gila kuasa akan membuatmu hilang rasa sayang, menghilangkan cintamu pada sesamamu karena yang kau kejar adalah benda mati bernama "kuasa", yang dia tak pernah benar-benar hidup dalam kehidupanmu.

Tuhan jangan kau jerumuskan aku menjadi orang yang serakah,
Tuhan jangan kau jerumuskan aku menjadi orang yang gila hormat,
Tuhan jangan kau jerumuskan aku menjadi orang yang gila kuasa,
Meski aku tau aku juga berinvestasi pada penetapan hal itu, tapi aku sadar aku lemah Tuhan.

Manusia yang mencari pangan dengan dasar serakah, gila hormat dan kuasa dia tidak akan pernah merasa kenyang,
Selamanya dia kelaparan.
Manusia yang mencari sandang dengan dasar serakah gila hormat dan kuasa dia tidak akan pernah merasa berpakaian,
Selamanya di telanjang.
Manusia yang mencari papan dengan dasar serakah, gila hormat dan kuasa dia tidak akan pernah merasa terlindung dari terik matahari dan hujan.
Selamanya dia Gelandangan.

0 comments:

Post a Comment

Semerdeka merdeka mu untuk menulis disini