...

Monday, January 28, 2013

Sebenarnya...Kegelapan tidak pernah ada

Hai kawan jangan takut jangan resah, 
Bila lampu kamar mulai dipadamkan.


Ingat awal tahun 2000an cuplikan lirik lagu itu dinyanyikan oleh tasya bersama duta Sheila on 7. Jangan takut akan gelap saat lampu-lampu yang biasanya ada untuk menerangi ruangan mulai mati atau sengaja dimatikan. Di era modern sekarang alam fikiran manusia dibuat seolah - olah sumber penerangan di dunia ini adalah lampu-lampu dan berbagai macam jenis cahaya yang dihasilkan manusia. Jika tanpa itu maka kegelapanlah yang akan dunia hadapi karena tidak ada cahaya darinya.
Malam mungkin adalah kondisi yang paling gampang untuk kita menemukan kegelapan dari kacamata berfikir manusia modern. Disaat matahari yang mampu memberi cahaya luarbiasa hilang dari posisinya sehingga terangpun ikut berganti dengan gelap. Umumnya saat senja tiba orang-orang akan mulai menyalakan lampu-lampu atau penerang dan mulai gelisah juga jika tanpa cahaya untuk malam harinya.
Semakin sempit ruang maka kegelapan akan semakin dekat dan saat ruang menjadi lebih terbuka maka intensitas cahaya juga semakin besar. Tetapi terkadang teori itu juga hanya hasil dari sugesti pemikiran banyak orang yang akirnya kita simpulkan menjadi kebenaran. Sebenarnya engkau tidak wajib percaya dan setuju dengan teori seperti itu.
Carilah kebenaran dengan menemukannnya sendiri. Kegelapan itu tidak pernah ada sebenarnya, itu menurutku dari hasil perjalananku. Segelap apapun yang kau sedang hadapi sebenarnya tak gelap gelap juga. Lihatlah disekelilingmu tak mungkin kamu tak menemukan cahaya, jika cahaya adalah penerang.
Sekecil apapun dia, jika dia mampu memberi engkau penerangan dialah cahaya. Celah kecil hasil pendaran cahaya yang tak dapat kau lihat sebelumnya, tetap saja dia memberimu cahaya.

Seperti itulah cahaya ... sebenarnya engkau tak akan pernah menemukan kegelapan.
Jika cahaya adalah apa yang dapat diindra oleh mata, bagaimana cahaya bagi mereka yang buta.
Karena engkau juga merupakan cahaya, jadi sebenarnya tidak pernah ada kegelapan.

2 comments:

walaupun seseorang buta tapi dengan hati nurani yang terang kegelapan akan tampak seperti sinar....dan membuat seseorang dapat menjalani kehidupan....

cahaya tidak akan pernah terlihat terang tanpa kegelapan

Post a Comment

Semerdeka merdeka mu untuk menulis disini